Bibliography Detail

Peran mekatronika dalam penelitian material maju | Perpustakaan Pusat

# #
Image of Peran mekatronika dalam penelitian material maju

Text

Peran mekatronika dalam penelitian material maju


Mekatronika adalah merupakan bidang ilmu yang relatif baru. Bidang ini sangat terkait erat dengan perkembangan industri di Jepang yang mengedepankan penggunaan mesin-mesin produksi yang terotomasi dan produk terotomasi. Bagi seorang praktisi di bidang mekanika, elektronika sebenarnya bidang ini bukanlah suatu yang baru karena sejak berkembangnya perangkat keras komputer yang tentu saja juga perangkat lunak pekerjaan yang terkait dengan mekatronika sudah menjadi pekerjaan mereka sehari-hari walaupun secara formal mereka tidak belajar di bangku kampus dengan ilmu khusus yang disebut dengan ilmu mekatronika. Bidang ini menjadi semakin berkembang sehingga bidang ini meliputi berbagai disiplin ilmu sebagai tiang utama yakni: 1) Pemodelan Sistem Fisis; 2) Sensor dan Actuator; 3) Sinyal dan Sistem; 4) Komputer dan Sistem Logika; serta 5) Perangkat Lunak dan Akuisisi Data.
Buku Peran Mekatronika dalam Penelitian Material Maju ini mengupas tuntas Bab Mekatronika, Bab Peran Mekatronika dalam Meningkatkan Fasilitas Riset Material, Bab Mesin-Mesin untuk Sintesis Material Maju, dan Bab Mesin-Mesin untuk Analisis Material Maju.
Buku yang berada di hadapan pembaca ini menyajikan empat bahasan pokok yang terkait dengan bidang ilmu yang relatif baru yakni mekatroika yang merupakan gabungan antara ilmu mekanika dan elektronika, sejarah singkat perkembangan ilmu sains materi dan keteknikannya, beberapa alat sintesis dan beberapa alat analisis material yang didukung oleh ilmu mekatronika. Dengan membaca buku ini diharapkan para pembaca mendapat pengetahuan tentang peran dari cabang ilmu baru mekatronika dalam mendukung perkembangan ilmu sains materi dan keteknikannya.

Bibliografi dan indeks halaman 79-85.


Ketersediaan
BLU231424621.381 MAR p C.1Perpustakaan Pusat UIN WalisongoTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
BLU231425621.381 MAR p C.2Perpustakaan Pusat UIN WalisongoTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
621.381 MAR p
Penerbit
Yogyakarta : Deepublish.,
Deskripsi Fisik
viii, 87 halaman : ilustrasi ; 23 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9786230253232
Klasifikasi
621.381
Tipe Isi
text
Tipe Media
unmediated
Tipe Pembawa
volume
Edisi
Cetakan pertsama : Oktober 2022
Subjek
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar